Kamis, 28 April 2011

sakit....

Hmmm.... sakit itu ga enak banget rasanyaa... makan ga enak, badan juga rasanya ga enak. jangan sampai sakit deh.... makanya dalam hadits Allah mengatakan jagalah sehatmu sebelum datang sakitmu... tapi kadang - kadang manusia suka lupa bila sehat, sering mengabaikan hal - hal yang kecil.
Ya Allah.. Ampunilah hambamu ini...
Pertama tama yang saya rasakan adalah sakit gigi yang terus menerus, kemudian minum obat pereda sakit warung ga mempan,, akhirnya berobat ke dokter gigi, mulai rontgen dan diperiksa dan ternyata bolong harus cabut gigi geraham kanan atas dan kiri atas, sakitnya sungguh menyiksa. Dan kemudian diberikan obat amoxicillin 500 mg (antibiotik yang tidak membunuh bakteri secara langsung tetapi dengan cara mencegah bakteri membentuk semacam lapisan yang melekat disekujur tubuhnya. Lapisan ini bagi bakteri berfungsi sangat vital yaitu untuk melindungi bakteri dari perubahan lingkungan dan menjaga agar tubuh bakteri tidak tercerai berai. Bakteri tidak akan mampu bertahan hidup tanpa adanya lapisan ini), juga asam mefenamat (yang berguna untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi dan kepala) dua - dua nya diminum 3x1 harinya.. setelah obatnya yang diberikan habis kembali lagi hari sabtu ke dokter dan ternyata masih sakit, tapi tidak terlalu sakit dilanjutkan dengan minum amoxicillin 500 mg kembali 3x1 hari tanpa asam mefenamat karena sudah tidak sakit bila diketuk - ketuk yang menyebabkan sakit karena sariawannya, dan asam mefenamat menyebabkan mual karena saya punya mag. saya pun dirumah menggunakan obat kumur betadin yang berangsur angsur pulih sariawan dimulut.
Hari selasa kembali lagi ke dokter, dan siap2 cabut gigi, sebenarnya sangat takut tetapi daripada gigi saya sakit terus saya menyiapkan diri untuk cabut gigi yang pertama kalinya, diketuk - ketuk giginya ternyata yang kanan masih sakit dan kiri tidak kemudian dokter bersiap untuk cabut gigi saya yang kiri, setelah pemeriksaan adzan berkumandang dan akhirnya saya dan dokter sholat dzuhur dulu kemudian baru melanjutkan cabut gigi, ternyata gigi geraham saya sulit sekali untuk dicabut, dimulai dari sebelum dzuhur periksa hingga ashar berkumandang dan sekitar jam 4 an baru benar - benar selesai. cabutan gigi pertama saya sangat menakutkan untuk saya, karena posisi gigi yang susah untuk dicabut dan akarnya yang ternyata bengkok menyebabkan susah sekali, padahal waktu itu ada dokter gigi lagi yang datang sebenarnya ingin pasang jaket gigi tapi malah ikut membantu dan ternyata memang susah juga, walaupun ada dua dokteer di ruangan itu. Dokter selalu menyebutkan bismillah dan saya pun selalu berdoa dalam hati seakan - akan saya tidak akan ada lagi di dunia ini, ini sungguh kenyataan karena saya juga seorang yang penakut, apalagi melihat tang besi yang mengoyak gigi saya, saya biasanya melihat tang itu untuk di bengkel karena saya anak elektro ataupun di rumah yang sering digunakan ayah atau abang saya bila dipakai untuk ngebenerin motor atau sesuatu. Ditengah pencabutan itu saya dan dokterpun hampir putus asa, tetapi sang dokter mencoba dan mencoba lagi dengan mengatakan nanti kamu may tambah sakit bangat klo dibawa pulang dengan hasil yang setengah begini,, saya pun hanya pasrah dan percaya karena ia adalah tetangga saya yang sangat percaya, kalau saja bukan beliau saya pun tidak akan berani untuk cabut gigi, tentu saja karena sakit ini menyiksa juga. Dokter itu juga mengatakan suntikan yang diberikan pun sudah sangat banyak dan akhirnya saya juga diberikan amoxicillin dan paracetamol (Paracetamol utamanya digunakan untuk menurunkan panas badan yang disebabkan oleh karena infeksi atau sebab yang lainnya. Disamping itu, paracetamol juga dapat digunakan untuk meringankan gejala nyeri dengan intensitas ringan sampai sedang dan untuk mengatasi sakit kepala atau sakit gigi) untuk diminum. Akhirnya saya hanya bisa berdoa dan pasrah dengan menutup mata, dan alhamdulillah setelah gigi saya dipatahkan dan dibelah - belah sehingga gigi saya pun bisa tercabut juga satu persatu hingga yang paling terakhir saya mendengar dua dokter berdiskusi tinggal parentalnya. Dengan rasa syukur semua orang yang ada di dalam ruangan dua dokter gigi, perawat dan saya pun mengucapkan alhamdulillah. Lalu bekas cabutan dijahit dan diberi kapas betadin yang saya gigit. Dan diberikan obat amoxicillin 500 mg, paracetamol, metronidazol (Metronidazol efektif untuk bakteri anaerob dan protozoa yang sensitif karena beberapa organisme memiliki kemampuan untuk mengurangi bentuk aktif metronidazol di dalam selnya. Secara sistemik metronidazol digunakan untuk infeksi anaerobik, trikomonasis, amubiasis, lambiasis dan amubiasis hati), flamsy 50 diclofenac potassium (untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan setelah pembedahan gigi), dan juga promag karena saya punya mag.
Kemudian saya pulang dan membuang kapasnya dan minum air dingin agar darahnya menjadi beku, kemudian makan dan minum obat yang diberikan kecuali amoxicillin dan paracetamol karena sudah diminum, kemudian sholat ashar dan mulai terasa bekas pencabutan seakan terkoyak - koyak kemudian mengantuk dan tertidur.
paracetamol diminum 3 - 4 kali sehari dengan waktu 6 jam sekali.
Rutin saya minum obatnya kemudian timbul sariawan parah, juga di sekitar sudut bibir sehingga sulit untuk menggerakkan bibir, saya oleskan albothyl dengan rasa yang perih sekali,  dan karena obat minumnya pun habis kembali lagi ke dokter pada hari jum'at untuk periksa dan ternyata bekas tarikan bibir untuk mencabut gigi yang di bagian belakang itu mengakibatkan perleche (kelainan pada sudut mulut yang disebabkan jamur) yang saya kira sariawan, kemudian diberikan obat salep kenalog ( untuk Infeksi mulut atau tenggorokan yang disebabkan oleh jamur atau bakteri,
lesi herpetis yang diketahui berasal dari virus atau lesi dalam mulut) karena menurut dokter tidak cocok dengan albothyl akan mengakibatkan bekas hitam nantinya.
, flamsy 50 diclofenac potassium, amoxicillin, metronidazol, surbex z ( vitamin yang mengandung Vitamin E 30 iu, Vitamin C 750 mg, Asam Folat 400 µg, Vitamin B1 15 mg, Vitamin B2 15 mg, Niasin 100 mg, Vitamin B6 20 mg, Vitamin B12 12 µg, Asam Pantotenat 20 mg, Seng 22,5 mg) dan promag,
kemudian esok hari nya mulai meriang dan timbul radang tenggorokan, esoknya minggu saya mulai panik karena makin parah radangnya dan perleche nya makin sakit sehingga susah bicara dan menggerakkan mulut, akhirnya menghubungi dokternya untuk bertanya dan dokternya mengatakan metronidazol dihentikan karena berakibat ke lambung, sehingga asamnya naik ke tenggorokan, akhirnya minggu malam pergi ke dokter umum dan diberikan amoxicillin, kandistatin nistatin (untuk Mengobati infeksi candida (moniliasis) pada rongga mulut,kerongkongan dan saluran pencernaan makanan), pondex forte dan obat kecil berwarna putih yang diplastik, tidak ada namanya juga plantacid (Mengurangi gajala kelebihan asam lambung, tukak lambung, tukak usus 12 jari seperti mual, kembung, perasaan penuh pada lambung).
Kemudian semalam, rabu malam saya kembali berobat karena radang belum sembuh juga akan tetapi badan sudah fit atau tidak demam lagi, dan saya diperiksa lagi dan diberikan obat tromilin Erythromycin (untuk mengatasi infeksi bakteri yang sensitif terhadap eritromisin seperti, S.pyogenes, termasuk S.pneumoniae, S.aereus, M.pneumoniae, Legionella pneumophilia, diphtheria pertusis, choncroid, Chlamydia, erytrasma, N.gonorrhoeae, E.histolitica, siphilis dan nongonococcal urethritis, dan campylobacter gastroenteritis; digunakan untuk terapi konjungtifitis dengan neomosin), tramadol (Tramadol adalah analgesik kuat yang bekerja pada reseptor opiat. Tramadol mengikat secara stereospesifik pada reseptor di sistem syaraf pusat sehingga memblok sensasi rasa nyeri dan respon terhadap nyeri. Disamping itu tramadol menghambat pelepasan neurotransmitter dari syaraf aferen yang sensitif terhadap rangsang, akibatnya impuls nyeri terhambat), dinazen loratadine (untuk mengobati gejala-gejala yang berhubungan dengan rinitis alergi, seperti pilek, bersin-bersin, rasa gatal pada hidung serta rasa gatal dan terbakar pada mata. Selain itu loratadine juga mengobati gejala-gejala seperti urtikaria kronik dan gangguan alergi pada kulit lainnya) dan obat yang berwarna orange yang tidak ada nama nya dan juga meneruskan plantacid dan kandistatin nistatin yang masih ada.
sehat itu sungguh mahal dan berharga sekali,, jaga sehat mu kawan sebelum sakitmu...
Ya Allah semoga penyakit ini sebagai penggugur dosa - dosa hamba Mu ini Ya Robb..
karena Rasulullah juga bersabda "Seorang mu'min yang sakit, ia tidak mendapatkan pahala dari sakitnya, namun diampuni dosa-dosanya" (H.R. Thabrani). Dalam hadist lain riwayat Anas Rasulullah bersabda "Seorang mu'min yang sakit lalu sembuh, maka ia laksana salju yang turun dari langit, karena bersihnya" (H.R. Bazaar). juga Dalam hadist lain dikatakan :"Ketika seorang hamba diberi sakit pada badannya, maka Allah berkata kepada malaikat "tulislah kebaikan-kebaikan yang biasa dilakukannya ketika sehat, kalau ia sembuh mandikanlah ia dan bersihkan. Kalau ia meninggal maka Allah mengampuninya" (H.R. Ahmad).
juga saya harus bersabar seperti nabi Ayub yang senantiasa bersabar diberi sakit yang berkepanjangan, Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: “(Ya Tuhanku), Sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan yang Maha Penyayang di antara semua Penyayang”. Maka Kamipun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah. (Al Quran Surah Al Anbiyaa’ [21]:83-84).
Bahkan Allah menjanjikan apabila orang yang sakit apabila ia bersabar dan berikhtirar dalam sakitnya, selain Allah menghapus dosa-dosanya. “Tidaklah seorang muslim tertimpa derita dari penyakit atau perkara lain kecuali Allah hapuskan dengannya (dari sakit tersebut) kejelekan-kejelekannya (dosa-dosanya) sebagaimana pohon menggugurkan daunnya.” (Diriwayatkan oleh Imam Muslim).
semoga Allah mengampuni dosa - dosa hamba Mu ini dan menyembuhkan penyakit ini, karena semua adalah kekuasaan Mu ya Robb...

Dan semoga yang membaca ini dalam keadaan sehat wal afiat...
Amin Ya Robbal Alamin...

0 komentar:

Posting Komentar