Selasa, 25 Januari 2011

pengantar

Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari..... alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi. Banyak sekali alat elektronik dalam kehidupan sehari – hari yang menggunakan dasar elektronika. Contohnya dalam rumah tangga ada televisi bila melepas smua kepenatan dluar rumah dengan banyaknya hiburan yang ada, ada radio yang bisa mendengarkan banyak lagu - lagu baik yang lama ataupun yang baru, ada mesin cuci yang memudahkan ibu - ibu kita mencuci baju, ada rice cooker untuk memasak nasi sehingga tidak perlu capek memasak d kompor, ada blender, pemanggang roti, mixer, teko listrik, ada juga komputer dan printer, smua barang - barang yang dsebutkan sudah begitu banyak di pasaran sehingga kita menjadi mudah dalam mengerjakan sesuatu hal. Peralatan elektronik tersebut tersusun atas komponen – komponen elektronika.
Komponen elektronika terbagi kedalam dua jenis yaitu :
1. Komponen pasif
Komponen pasif tidak dapat mengakibatkan kenaikan daya listrik di dalam rangkaian, contohnya resistor , kapasitor, induktor dan transformator.
2. Komponen aktif
Komponen semikonduktor yang mempunyai fungsi olahan ( menyearahkan ). Komponen aktif contohnya adalah dioda dan transistor.
#sumber : wikipidia

0 komentar:

Posting Komentar